Struktur Organisasi


Susunan  Kepengurusan Dewan Kemakmuran Mesjid Al – Abror
Periode 2013 – 2014 ( 1434 H  - 1435 H )




Pembina                      :  Ketua RW 01  Bpk. Mamat Rahmat
Penasehat                    :  1.  Eddy Sudarya

Ketua                          : H. Aang Umansyah S . Ag
Wakil Ketua                : Ustd. Agus  Sunarsa

Sekretaris                    : 1. Nunung Nurlela
                                      2. Asep Syaiful Rochman
                                      3. Oky Prakasa

Bendahara                   : 1. Siti Rodiah
2. Rusmini  (B’ Iyus)

Seki-Seksi
1. Sie Pendidikan dan Dakwah                      :  1. Hj. Iis Istiqomah
                                                                           2. Hj. Sari Sariwati
                                                                           3. Ibu Tuti
                                                                           4. Ustd. Herwansyah

2. Sie Peralatan dan Perlengkapan                  :  1. Ade Suhendar
                                                                           2. Harun Rasta  (Abah Ata)

3. Sie Sosial dan Kemasyarakatan                  :  1. Hj. Ni Putu Martini
                                                                           2. Denny Dustira
                                                                           3. Nia Kusniawati

 4. Sie Pembantu Umum dan Koordinasi       :  1. Wawan Suhermawan
                                                                           2. Syafrudin

5. Sie Kewanitaan                                           :  1. Hj. Ida Sopiah
                                                                           2. Suryati

6. Sie Pembangunan dan  Pemeliharaan         :  1. H. TB . Acu Syachman


TUGAS –TUGAS KETUA

  1. Memimpin dan mengendalikan kegiatan para anggota pengurus dalam melaksanakan
tugasnya,sehingga mereka tetap berada pada kedudukan atau fungsinya masing-masing.
  1. Mewakili organisasi ke luar dan ke dalam .
  2. Melaksanakan  program dan mengamankan kebijaksanaan pemerintah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
      4.  Menandatangai surat-surat penting termasuk surat atau nota pengeluaran uang / dana /
           harta kekayaan organisasi.

5.  Mengatasi segala permasalahan atas pelaksanaan tugasyang dijalankan oleh para pengu
     rus.
      6. Mengevaluasi semua kegiatan yang dilaksanakan para pengurus.
      7. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan seluruh tugas organisasi kepa
          da jama’ah.
8.      Mewakilkan / menugaskan.
9.      Menyetujui / mengizinkan pengeluaran – pengeluaran.

TUGAS – TUGAS BENDAHARA


1        Memegang dan memelihara harta kekayaan organisasi, baik berupa uang, barang
inventaris maupun tagihan.
     
2        Merencanakan dan mengusahakan masuknya dana mesjid serta mengendalikan pelaksanaanRencana Anggaran Belanja Mesjid sesuai ketentuan.
3        Menerima , menyimpan dan membukukan keuangan , barang , tagihan dan surat-surat berharga.
4        Mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan berdsasarkan persetujuan ketua.
5        Menyimpan surat bukti penerimaan dan pengeluaran uang
6        Membuat laporan keuangan rutin atau pembagunan ( bulanan , triwulan, tahunan)
atau laporan khusus
7.      Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada ketua




TUGAS – TUGAS WAKIL BENDAHARA
 
1.      Mewakili bendahara apabila yang bersangkutan tidak hadir atau tidak  ada di  
tempat.
2.      Membantu bendahara dalam menjalankan tugasnya sehari-hari
3.      Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada bendahara.



TUGAS-TUGAS SEKSI PENDIDIKAN DAN DAKWAH


  1. Merencanakan , mengatur dalam melaksanakan pendidikan dan dakwah yang
meliputi  :
a.  Pelaksanaan hari besar Islam, Kegiatan Majelis Taklim dan Pengajian  -                   
           pengajian.
      b. Tentang jadwal dan khotib Jum’at
      c.  Tentang jadwal Muadzin dan Bilal Jum’at
      d.  Tata cara Shalat Idhul Fitri dan Idhul Adha
      e.   Tata cara mengkafani mayat dan memandikan mayat


2.  Memberikan masukan / koordinasi tentang cara          :
     a.   Petugas khotib, imam, muadzin dan bilal Jum’at
     b.   Perencanaan kegiatan-kegiatan yang ada hubungannya dengan unit kerja intern
           dan ewktwern
c.       Mengendalikan kegiatan Remaja Mesjid, ibu-ibu dan anak-anak
d.      Melaksanakan tugas khusus yang diberikan ketua
e.       Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada ketua



TUGAS – TUGAS SEKRETARIS
                       



1.      Mewakili ketua dan wakil ketua apabila yang bersangkutan tidak hadir atau tidak ada di tempat.
2.      Memberikan pelayanan teknis dan administrasif.
3.      Membuat dan mendistribusikan undangan
4.      Membuat daftar hadir rapat  / pertemuan
5.      Mencatat dan menyusun notulen rapat / pertemuan
6.      Mengerjakan seluruh pekerjaan sekretariat yang mencakup  :
a.       Membuat surat menyurat dan pengarsipan
b.      Memelihara  daftar jamaah / guru ngaji / majelis ta’lim
c.       Membuat laporan organisasi ( bulletin , triwulan, dan tahunan)
                  termasuk musyawarah-musyawarah pengurus dan musyawarah jama’ah
7.      Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada ketua /
      Wakil ketua.
8.   Membuat laporan akhir tahun sebagai pertanggungjawaban Ketua Umum.





TUGAS-TUGAS WAKIL SEKRETARIS

  1. Mewakili Sekretaris apabila yang bersangkutan tidak hadir atau tidak ada di tempat untuk menandatangani surat-surat.
  2. Membantu Sekretaris menjalankan tugasnya sehari hari.
  3. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada sekretaris


 TUGAS –TUGAS SEKSI PEMBANGUNAN DAN PEMELIHARAAN



1.  Mengupayakan pencarian dan ke instansi pemerintah atau sumbangan yang tidak
     terikat.
2.  Memberikan arahan , merencanakan , mengatur dan melaksanakan kegiatan
     pembangunan dan pemeliharaan mesjid yang meliputi            :
a.       Membuat program pembangunan mesjid rehabilitasi
b.      Membuat rencana anggaran pembangunannya dan gambar bangunan
c.       Melaksanakan kegiatan pembagunan / rehabilitasi  sesuai dengan program

3.  Saran usulan tentang kebersihan , keindahan dan kenyamanan  di dalam dan di
     luar mesjid.
4.  Cara memelihara sarana dan prasarana mesjid
5.  Mendata kerusakan sarana dan prasarana mesjid dan mengusulkan perbaikannya  atau
     penggantinya
6.  Cara melaksanakan tugas khusus yang diberikan ketua
7.  Cara membuat dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada ketua

TUGAS –TUGAS PEMBANTU UMUM  (KOORDINATOR UMUM)



  1. Memberikan masukan secara umum  bagi kelancaran kegiatan pengurus mesjid  yang  meliputi   :
a. Penyampaian undangan
b. Mengumpulkan infaq / sedekah / amal jariyah / zakat
c. Mengajak warga masyarakat memakmurkan mesjid
d. Kegiatan – kegiatan lain  ( penyuluhan dari pemerintah).
e. Sebagai penghubung organisasi dengan jemaah, masyarakat  , dsb

TUGAS-TUGAS SEKSI PERALATAN DAN PERLENGKAPAN


1.  Tata cara perencanaan , mengatur dan menyiapkan peralatan yang meliputi   :
     a.  Menginventarisasi harta kekayaan mesjid
     b.  Menyiapkan pengadaan peralatan untuk kelancaran kegiatan mesjid
     c.  Mendata barang – barang yang rusak atau hilang dan menyusun pengadaannya atau 
          penggantinya
d.      Mengatur dan melengkapi sarana dan prasarana  perpustakaan mesjid

2.  Melaksanakan tugas khusus yang diberikan oleh ketua
3.  Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada ketua

TUGAS –TUGAS SEKSI SOSIAL DAN KEMASYARAKATAN


  1. Merencanakan , mengatur dan melaksanakan kegiatan sosial dan kemasyarakatan
yang meliputi                 :
a.  Santunan kepada yatim piatu , janda, jompo dan orang terlantar
b.  Khitanan missal
c.  Pernikahan
d.  Kematian
e.  Qurban / Akikah
 
  1. Teknik melakukan koordsinasi dengan pengurus RT / RW dan pemuka agama /
tokoh masyarakat dalam pelaksanaan tugas
  1. Melaksanakan kegiatan khusus yang diberikan oleh ketua
  2. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan  pelaksanaan tugasnya kepada ketua
USULAN PROGRAM KEGIATAN DAN RTL  ( RENCANA TINDAK LANJUT )
D K M   AL – ABROR  PERIODE 1434 H  - 1435 H



NO
BIDANG / SEKSI
USULAN PROGRAM KEGIATAN
RENCANA TINDAK LANJUT
1
Sekretaris/Kesekretariatan
1. Job Deskription masing – masing bidang / seksi
2. Perlengkapan Administrasi  ( buku notulen ,buku agenda ( keluar dan masuk , atk)
3. Plang Kesekretariatan


2
Bendahara
1. Adanya sumber dana tetap di samping kencleng   Jum’at   ;
    -  Iuran wajib bagi pengurus / staff   DKM Al – Abror
    -  Koordinasi dengan Perusahaan / Instansi Pemerintah
2.  Adanya Kencleng setiap pengajian rutin ( malam Jum,at dan malam Ahad) dan
     setiap ada perayaan / peringatan hari-hari besar Islam
3.  Kupon Infaq
4.  Kencleng khusus yang disimpam  setiap anggota pengajian di rumahnya dan akan di
     ambil dalam jangka waktu tertentu oleh petugas


3
Sie Pendidikan dan Da’wah
1.  Pelatihan Khotib dan penetapan guru tetap pengajian  masjid Al- Abror
2.  Kartu anggota pengajian masjid Al – Abror
3.  Kurikulum pengajian bagi semua tahapan ( Diniyah, Remaja, Ibu-ibu / bapak-bapak
4.  Jadwal  pengajian rutin untuk bulanan  dan  Istighosah
5.  Penjadwalan Khotib  dan Muadzin Jum’at
6.  Perencanaan perayaan / peringatan hari-hari besara Islam
 

4
Sie Peralatan dan Perlengkapan
1.  Penjadwalan petugas kebersihan  untuk hari  Jum’at
2.  Perbaikan dan penambahan  alat-alat sound system
3.  Penambahan  perlengkapan mesjid lainnya  ( penutup keranda, mukena, Al – Qur’an,
     Gelas , piring  dll )


5
Sie Sosial dan Kemasyarakatan
1.  Santunan untuk janda – janda pada waktu tertentu
2.  Pinjaman (sifatnya emergency dan dalam jangka waktu tertentu ) bagi anggota           
     pengajian dan masyarakat  sekitar Masjid Al – Abror  ( RT 02 dan   RT 04 )
3.  Kunjungan / pendekatan dengan Tokoh Masyarakat dan masyarakat umum


6


Sie Kewanitaan




7


Sie Pembangunan dan Pemeliharaan




8


Sie Pembantu Umum